Uang Kertas Bisa Tularkan Virus Corona? Ini Penjelasan Dokter Spesialis Paru IDI

Uang dan Virus Corona.

INIPASTI.COM, JAKARTA – Tak henti-hentinya pemerintah dan pihak terkait mensosialisasikan informasi terkait Virus Corona atau Covid-19. Mulai dari pengertian, cara dan media penularan, hingga informasi terkait gejala dan korban jiwa dari virus mematikan asal Kota Wuhan, Cina ini.

Seperti yang dilakukan oleh Satgas Waspada dan Siaga NCoV PB IDI dr Erlina Burhan. Saat tampil di ILC edisi Selasa 17 Maret, dia kembali meluruskan beberapa mis-informasi atau mis-persepsi yang beredar di masyarakat. Salah satunya terkait penularan Virus Corona melalui uang kertas.

Inline Ad

Menurutnya, uang kertas bisa saja menjadi mediator penularan Covid-19. Namun, hal itu hanya terjadi jika pada uang tersebut terdapat droplet (cairan yang keluar ketika bersin atau batuk) dari orang yang terpapar Coronavirus.

Baca Juga:  Jelang PSBB, Dewan Minta Kolaborasi Semua Pihak

“Ada istilahnya penularan/transmisi tidak langsung. Kalau seseorang yang terjangkit, dia batuk atau bersin di depan uangnya, ada droplet, ada virus di situ, kemudian orang lain menyentuh uang itu, dan kemudian tidak cuci tangan, dan tangannya ke wajah,” jelasnya pada ILC yang mengusung tema Pro Kontra Lockdown.

Akan tetapi, Dokter Spesialis Paru IDI ini menjelaskan bahwa Coronavirus tidak akan bertahan hidup di benda mati. Olehnya, dia meminta agar masyarakat tidak terlalu khawatir terkait isu tentang uang kertas bisa menularkan Virus Corona.

“Virus ini tidak akan lama di benda mati, uang itu benda mati. Dia (Coronavirus) tidak akan bisa hidup lama. Kan tidak ada juga orang punya uang didekatkan ke wajah,” tegasnya.

Baca Juga:  Berubah Jadi Tragedi Kemanusiaan, India Memutuskan Tak Perpanjang Lockdown

Meski demikian, dia selalu mengingat agar masyarakat rajin untuk mencuci tangan. Karena tangan adalah anggota tubuh yang kerap kali bersentuhan dengan hidup dan mulut.

“Yang penting, saya katakan tadi, cuci tangan. Kita memang terima uang, semua orang senang terima uang. Habis terima uang, cuci tangan, karena nanti kita tidak sadar, tangannya menyentuh wajah. Itu yang dikhawatirkan,” terangnya.

(Sule)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.