Viral, Top 6 Besar Puteri Indonesia 2020 Tidak Hafal Pancasila

Finalis Puteri Indonesia dari Sumatera Barat, Kalista Iskandar tak hafal Pancasila saat ditanya oleh Bambang Soesatyo di malam Grand Final Puteri Indonesia 2020, Jumat (6/3/2020).

INIPASTI.COM, JAKARTA – Ada momen yang menarik perhatian di malam Grand Final Puteri Indonesia 2020 yang disirkan secara langsung di siaran TV, SCTV, Jumat (6/3/2020) tadi malam.

Hal yang mencuri perhatian malam itu adalah penampilan wakil Sumatera Barat, Louise Kalista Iskandar. Perempuan berusia 21 tahun itu mendapatkan pertanyaan dari salah satu dewan juri, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.
Bamsoet, nama sapaanya, memberikan pertanyaan yang tak terduga. Dia bertanya kepada Kalista yang seorang mahasiswi hukum di Universitas Pelita Harapan Jakarta, apakah dia menghafal Pancasila?

Inline Ad

“Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?,” tanya Bamsoet.

Baca Juga:  Polisi Imbau Masyarakat Agar Hati-Hati Gunakan Sosmed

Kalista yang mendengar pertanyaan itu terlihat terkejut namun ia berusaha tenang dengan tertawa. Perlahan-lahan ia menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Sila 1 sampai sila ke-3 bisa dijawab dengan lancar, walau ia menggantikan penyebutan sila dengan nomor.

Namun sayangnya, Kalista salah menyebut sila ke-4 dan ke-5 dalam Pancasila. “Nomor empat, kemanusiaan yang…” jawabnya yang buru-buru diralat dengan, “Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.” Padahal, sila keempat Pancasila yang benar berbunyi ‘Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan dan Perwakilan’.

Kalista berusaha melanjutkan dan menyelesaikan pertanyaanya, walau tampak gugup dia tetap terlihat tersenyum dan menjawab sila terakhir meski masih salah, “Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab” jawabnya. Padahal, yang benar adalah ‘Kemanusiaan yang Adil dan Beradab’.

Baca Juga:  ILC, Disebut Zaitun Rasmin Comot Ayat Comot Hadis, Ini Respon Ali Mochtar Ngabalin

Atas jawaban yang disampaikan tersebut, Kalista tak lolos ke babak selanjutnya. Selain Kalista, dua finalis enam besar lain yang tak masuk babak selanjutnya adalah wakil dari Nusa Tenggara Timur Angel Boelan dan wakil dari Maluku Clara Yokate.

Adapun tiga finalis yang lolos ke babak tiga besar adalah Putu Ayu Saraswati – Bali, Rr.Ayu Maulida Putri – Jawa Timur, dan Jihane Almira Chedid – Jawa Tengah. (eq)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.