Wagub Harap Unismuh Jadi Eksportir Jagung di Sulsel

INIPASTI.COM, MAKASSAR-Rektor Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM melakukan silaturrahim dengan Wakil Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman, di Kantor Gubernur, Selasa, 25 September 2018.

Rektor Rahman Rahim didampingi Direktur PT Surya Pangan Indonesia Unismuh Makassar, Dr Idham Halid dan Dr Agussalim HR. Sementara wakil gubernur didampingi staf diantaranya Dr HM Iqbal Samad Suaib, SE,MT.

Rahman Rahim yang diterima di ruang kerja wagub, menyampaikan sejumlah program terkait dengan pemberdayaan pada masyarakat yang dilakukan Unismuh Makassar.  Diantaranya, pengembangan hutan pendidikan di Gowa, tambak pendidikan di Pangkep, pengembangan agribisnis dalam mendukung program ketahanan pangan diantaranya pengembangan jagung 20 ribu hektaare di Sulsel kerjasama dengan Menteri Pertanian RI.

Kepada wakil gubernur, Rahim Rahim menyampaikan khusus terkait dengan pengembangan jagung Unismuh Makassar yang belum setahun berjalan belum sampai mencapai target 20 ribu ha pengembangan jagung di Sulsel. Sekarang ini baru uji coba beberapa kabupaten, diantaranya Kab. Gowa, Takalar dan Jeneponto.

Baca Juga:  Dengar Masukan Pelanggan, Garuda Indonesia Layani Langsung Penumpang di Pesawat

Dikatakan, untuk mendukung pengembangan jagung 20 ribu ha di Sulsel, Unismuh Makassar juga memiliki pabrik jagung di Doja, Limbung, Kabupaten Gowa. Kapasitas produksi 100 ton per hari atau sekitar 3 juta kg dalam sebulan.

Meskipun baru berjalan kurang lebih setengah tahun, pabrik jagung Unismuh di Doja, Limbung sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan kebanyakan petani jagung tidak lagi menjual jagungnya ke KIMA, tetapi sudah memilih menjual di Unismuh Makassar. Satu kelebihan menjual jagung di Unismh karena harga sesuai standar pemerintah.

“Produksi melimpah atau  menurun Unismuh tetap membeli  sesuai dengan harga standar pemerintah,”ujar Rahman Rahim.  

 Sekaitan dengan itu juga, Rektor Rahman Rahim sekaligus mengundang Wakil Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman untuk melepas jagung Unismuh di Doja secara perdana ke pasar tujuan ekspor. Rencananya pelepasana jagung ini dilaksanakan 3 Oktober 2018.

Baca Juga:  UangTeman Gelar RoadShow Sosialisasi Fintech Lending di 12 Kota di Indonesia

Wakil Gubernur Sulsel, Sudirman Sulaiman, cukup merespon program pengembangan jagung Unismuh Makassar. Program ini dianggap telah seiring dengan program pemerintah provinsi Sulsel sehingga berharap kedepan ada sinergitas program Pemerintah Provinsi dengan Unismuh Makassar.

Adik kandung Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, malah berharap Unismuh tidak hanya sekadar bisa menjual jagungnya kepada eksportir, tetapi kalau bisa Unismuh yang menjadi eksportir jagung di Sulsel.

“Jadi eksportir gampang, yang penting buat dulu PT-nya  setelah itu yang lainnya gampang. Pemprov juga siap membantu menfasilitasinya,”janji wagub kepada rektor Unismuh Makassar.

Wagub juga meminta kepada rektor untuk memproduksi pakan ternak. “Pakan ternak ini memiliki prospek yang  sangat bagus kedepan. Sekarang ini banyak permintaan pakan dari masyarakat. Dan kalau Unismuh bisa memiliki pabrik pakan maka ada nilai tambah bagi Unismuh,”tambah wagub.-nasrullah-

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.