Wakil Bupati Hadiri Simulasi Bencana Banjir Bandang di Mangarabombang

INIPASTI.COM, TAKALAR, – Forum KSB (Kampung Siaga Bencana) menggelar simulasi penanganan bencana banjir bandang di Kelurahan Mangadu Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar.

Dalam simulasi ini lima orang meninggal seketika dan sejumlah rumah penduduk rusak diterjang air Sungai Pappa, lokasi musibah di Kel. Mangadu Kecamatan Mangarabombang Kab.Takalar, Senin (19/11).

Simulasi ini dihadiri Wakil Bupati Takalar, Achmad Dg Se’re, Kadis Sosial Prov. Sulsel, Dr H.Ilham Gazaling, M.Si dan Direktur PSKBA Kemensos, diwakili Jhony Pasomba, usai Apel Pencanangan KSB, di Lapangan Sepakbola Mangarabombang Kab. Takalar.

Penggambaran kondisi darurat dan cara-cara pelaporan hingga berakhirnya penanganan bencana, disimulasikan dengan serius, dibawah pengarah acara Drs.H.Syakhruddin.DN, salah seorang Perintis Tagana Indonesia.

Baca Juga:  Garuda Indonesia Terbangkan Humanity Flight  ke Palu untuk Layani Misi Kemanusiaan

Berkat jaringan komunikasi radio melalui RAPI, informasi musibah di terima oleh Pemkab Takalar dan segera meluncurkan TRC Takalar.

Aktifitas di lokasi sudah dilakukan petugas Forum KSB Bunga Malena dan pemberian bantuan darurat melalui gardu sosial dan lumbung logistik, di dukung personil terlatih dari forum KSB Bunga Malena Mangadu.

Kabid Linjamsos Prov. Sulsel, Drs. Abd. Rahman Saleh. MM dalam laporannya mengatakan, kehadiran KSB Bunga Malena merupakan KSB ke-13 di Sulsel.

Sementara itu, Achmad Dg Se’re yang bertindak selaku Irup pada acara Pencanangan KSB, menyambut baik kehadiran KSB dan berharap agar warga yg telah mengikuti pendidikan dan pelatihan ke-Tagana-an,

Baca Juga:  Tanah Laikang Milik Masyarakat

terus mengembangkan diri dan senantiasa waspada terhadap datangnya bahaya banjir yang tiba-tiba dan mendadak.

“Keberadaan KSB di Kelurahan Mangadu dengan penuh antusias,” tutur Dg Se’re yang hadir dengan mengenakan pakaian Tagana lengkap.

Pada keaempatantn tersebut, diserahkan sejumlah bantuan diantaranya penyerahan mobil RTU (Rescue Tactical Unit) kepada Dinsos Kab. Takalar dan Dinas Sosial Kab.Gowa serta penyerahan tali asih Tagana di Kabupaten Takalar dan bantuan sosial lainnya.

Laporan syakhruddin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.