Wakil Rektor UIN Harap Indonesia Semakin Baik dengan Bertambahnya Jemaah Haji

Jemaah haji Sulawesi Tenggara mengikuti program penerimaan Kloter 28 Debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Sabtu, (7/9/2019)

INIPASTI.COM, SUDIANG, Hari ini Sabtu, 7 September 2019, Kloter 28 Upg yang berisi 454 orang jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara tiba di Bandara Internasional Hasanuddin Makassar pada pukul 08.12 Wita pagi.

Kloter 28 ini juga merupakan Kloter terakhir yang mengangkut Jemaah haji asal Provinsi Sulawesi Tenggara secara utuh, setelah 4 kloter sebelumnya sudah kembali ke Sulawesi Tenggara. Akan tetapi masih menyisakan beberapa jemaah di Kloter 30 yang rencananya tiba pada esok hari.

Inline Ad

Saat seremoni penerimaan Jemaah Haji Kloter 28 di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Wakil Ketua PPIH Embarkasi Wahyuddin Naro mengucapkan selamat datang dan kembali ke tanah air. Dia juga berdoa, agar jemaah haji senantiasa diberi kesehatan sampai nantinya tiba di kampung halamannya dan kumpul dengan keluarganya.

“Idealnya, semakin banyak jumlah jemaah haji yang pulang kampung halaman dan berbaur kembali dengan masyarakat, maka semakin banyak perubahan yang lebih baik dari semua sisi kehidupan, khususnya kehidupan sosial keagamaan, dan negara kita tambah baik dari segi peradaban”, ungkap Wakil Rektor 2 UIN Alauddin ini.

Baca Juga:  4 Jemaah Haji Wafat, Kloter 7 Diterima Langsung oleh Gubernur Malut

Sementara itu, Plt Kabag TU Kanwil Kemenag Sultra Muhammad Kadir Azis Al Yafie mewakili Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengharapkan seluruh jemaah haji asal Sultra agar menjadi agen informasi terkait bagaimana indahnya beribadah haji. Dia juga ingin agar jemaah haji membagi informasi terkait pengalaman spiritual dalam proses berhaji, termasuk bagaimana nyamannya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah selama pelaksanaan haji baik di Tanah Air maupun di Tanah Suci.

“Begitu para jemaah haji tiba ditanah air, maka Perjuangan hidup menuju kemabruran baru dimulai, karena proses dan pelaksanaan ritual haji selama di tanah suci ibaratnya hanya pendidikan dan latihan”, ungkapnya.

Di kesempatan itu pula, Wakil Bupati Kolaka Muhammad Jumadin berharap setelah jemaah haji pulang ke kampung halamannya, agar bisa menjaga kesucian gelar hajinya. Ia juga menginginkan agar jemaah haji bisa menjadi contoh dan motivator bagi yang lainnya khususnya dalam hal kegiatan sosial keagamaan, minimal ritual peribadatan yang sama di tanah suci.

Baca Juga:  JCH Kloter 30 dan 31 Shalat Ghaib Bagi Korban Gempa Lombok

“Saya rajin mengantar dan menjemput jemaah haji karena saya yakin dan sangat menginginkan keberkahan Rukun Islam yang kelima ini, semoga keberkahannya bisa menular kediri saya” ucap Wakil Bupati Kolaka Ini.

Dia juga mengapresiasi positif pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar kepada jemaah haji. Dia berharap kerjasama itu tetap bisa lebih ditingkatkan.

Dengan kepulangan Kloter 28 Upg, maka total jemaah haji asal Embarkasi Debarkasi Haji Makassar yang sudah tiba 12.683 orang. Sementara jemaah haji yang wafat asal Embarkasi Makassar sampai hari ini sebanyak 29 orang, dari 411 orang yang wafat secara Nasional. (*)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.