Wings Air  Sukses Mendarat di Bandara Buntu Kunik Toraja

INIPASTI.COM, TORAJA –  Maskapai Wings Air menguji coba rute baru Makassar-Tana Toraja. Pesawat ATR 72-600 itu pun mendarat dengan selamat di Bandara Buntu Kunik untuk pertama kalinya.

Wings Air sukses melakukan uji coba terbang awal (proving flight) dengan rute Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) tujuan Bandara Buntu Kunik Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja (TRT), pada hari Kamis (20/8/2020) kemarin.

Inline Ad

Dilansir dilaman detiknews, dalam proving flight tersebut, Wings Air membawa empat kru (awak kokpit dan awak kabin), flight operation officer (FOO), teknisi dan pihak terkait. Uji coba itu berlangsung berlangsung baik, sesuai jadwal dan berjalan lancar.

Pendaratan perdana ini disambut oleh Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. beserta jajaran dan perwakilan pemerintah daerah setempat.

Baca Juga:  Dilirik Investor, Pemda Toraja Diminta Tidak Menghambat Perizinan

Wings Air pun mengucapkan terima kasih atas kerjasama kru pesawat, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara dan pihak terkait yang mendukung penuh operasional sehingga proving flight tersebut terlaksana secara tepat.

Tujuan utama dari proving flight tersebut adalah untuk melakukan pengkajian pasar dan potensi layanan penerbangan berjadwal atau rute evaluasi.

Selain itu, Wings Air menguji kemampuan (kapabilitas) pengoperasian pesawat ATR 72 di Bandar Udara Toraja.

Untuk rute tersebut, rencananya Wings Air akan mengoperasikan salah satu armadanya yaitu pesawat bertipe ATR 72-600, dengan kode registrasi PK-WJO.

Pesawat ATR 72-600 Wings Air itu lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 09.54 WITA dan tiba di Toraja Airport pada 11.07 WITA. Jika dihitung-hitung, waktu perjalanan adalah 1 jam 13 menit.

Baca Juga:  Pemkab Maros akan Kembalikan Bantimurung dan Leang-leang

Sementara itu, untuk penerbangan kembalinya, maskapai Wings Air berangkat dari Tana Toraja pada pukul 11.50 WITA dan mendarat dengan mulus di Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 13.25 WITA. Total waktu tempuh sekali jalan (one way) berkisar 50 menit.

Dalam waktu dekat, maskapai Wings Airmemang akan memulai melayani penerbangan reguler penumpang berjadwal rute Makassar-Toraja pergi pulang (PP). Harapannya agar layanan penerbangan dimaksud dapat beroperasi sesuai dengan rencana (syakhruddin).

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.