Xi akan Menghadiri KTT Perubahan Iklim Biden dalam Pertemuan Pertama Kedua Pemimpin

Keterangan gambar: Presiden China Xi Jinping bertepuk tangan pada sesi penutupan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC) di Aula Besar Rakyat di Beijing, China 10 Maret 2021. REUTERS / Carlos Garcia Rawlins

INIPASTI.COM, Presiden China Xi Jinping akan menghadiri KTT perubahan iklim yang dipimpin AS pada hari Kamis atas undangan Presiden Joe Biden, dalam pertemuan pertama antara kedua pemimpin sejak munculnya pemerintahan baru AS.

Biden telah mengundang puluhan pemimpin dunia untuk bergabung dalam KTT virtual dua hari yang dimulai pada Kamis, setelah membawa Amerika Serikat kembali ke Perjanjian Paris 2015 tentang pengurangan emisi karbon global.

Inline Ad

Xi akan menghadiri KTT melalui video dan akan menyampaikan pidato “penting”, Hua Chunying, juru bicara kementerian luar negeri China, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Baca Juga:  Iran Serang Gedung Putih, Anggota Parlemen: Iran Harus Hancurkan Gigi Amerika

Beijing dan Washington terus-menerus bentrok karena berbagai masalah mulai dari dugaan pelanggaran hak asasi manusia hingga pengaruh ekonomi China atas negara lain.

Di Alaska bulan lalu, para pejabat AS dan China mengadakan pembicaraan langsung tingkat tinggi pertama yang dipenuhi dendam dan tidak menghasilkan terobosan diplomatik. Baca selengkapnya

Namun kedua negara, dua penghasil emisi gas rumah kaca terbesar di dunia, telah menemukan kembali minat yang sama dalam memerangi perubahan iklim.

Minggu lalu, utusan iklim AS John Kerry melakukan perjalanan ke Shanghai untuk bertemu dengan mitranya dari China dalam kunjungan tingkat tinggi pertama ke China oleh seorang pejabat pemerintahan Biden. Keduanya menyepakati tindakan konkret “pada tahun 2020-an” untuk mengurangi emisi. Baca selengkapnya

Baca Juga:  Resmi Mundur dari Kerajaan, Harry dan Meghan Memulai Kehidupan Baru di Kanada

Pembicaraan itu juga menandai dimulainya kembali dialog iklim yang dihentikan selama pemerintahan Donald Trump, yang menarik diri dari perjanjian Paris.

Sumber: Reuters.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.