100 Fakta Syahrul Yasin Limpo #100FaktaSYL (4/10)

Prestasi Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama dua periode memimpin Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memang tak perlu dipertanyakan.

#100FaktaSYL
100 Fakta Tentang Syahrul Yasin Limpo

Prestasi Syahrul Yasin Limpo (SYL) selama dua periode memimpin Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memang tak perlu dipertanyakan. Telah banyak kemajuan dan kontribusi yang diberikan SYL untuk Sulsel. Berikut beberapa di antaranya.

#100FaktaSYL sebelumnya dapat dilihat di sini.

 

26. Jadikan Sulsel Lumbung Pangan Nasional

Saat menajabat sebagai gubernur, SYL memang memiliki perhatian khusus dalam bidang pertanian. Pada masa pemerintahannya, Sulsel memiliki stok sekitar 2,6 juta ton beras yang cukup untuk menyangga kebutuhan pangan nasional.

 

27. Optimalkan Hasil Laut

Saat melaporkan laju pertumbuhan ekonomi Sulsel pada 2017 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), SYL mengungakap keunggulan hasil laut di provinsinya. Kepada Presiden Jokowi, SYL menyampaikan bahwa Sulsel memiliki stok rumput laut terbesar di dunia. Tak hanya itu, Sulsel juga mengirim 1.300 ton gurita ke Jepang setiap bulannya.

Baca Juga:  Pemkot Ambon Studi Tiru di Kota Makassar

 

28. Siapkan 10 Jenis Komoditas Unggulan Untuk Ekspor

Pada masa pemerintahannya, SYL menyiapkan setidaknya 10 komoditas unggulan untuk diekspor ke luar negeri. Komoditas tersebut antara lain tanaman herbal, tanaman hias, ikan hias, dan beberapa jenis komoditas lainnya. Dia berpendapat, dengan bertambahnya jumlah komoditas lokal yang masuk pasar ekspor, hal itu dapat mendongkrak nilai ekspor Sulsel.

 

29. Lepas Ekspor 60 Ribu Ton Jagung ke Filipina

Pada 2018, Provinsi Sulsel mengekspor 60 ribu ton jagung ke Filipina dari Pelabuhan Makassar. Acara itu dihadiri SYL dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Itu merupakan momen bersejarah karena biasanya Indonesia melakukan impor.

Baca Juga:  Dinsos Takalar Latih Petugas Logistik Bencana

 

30. Hadirkan Kantor Instansi Sertifikasi Komoditi Strategi

Kantor itu dibuka dan diresmikan SYL di Pelabuhan Makassar. Kantor tersebut diharapkan lebih memperlancar dan memudahkan para eksportir melakukan sertifkasi komoditas strategi miliknya yang akan dikirim ke luar negeri. Pengurusan dokumen atau berkas yang biasanya memakan waktu berhari-hari, dipangkas menjadi hanya beberapa jam saja.

 

Selanjutnya, Syahrul Yasin Limpo akan melanjutkan pembangunan Indonesia dengan mengincar kursi DPR RI pada pemilu 2019, melalui Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan 2 yang meliputi Bone, Soppeng, Wajo, Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Sinjai, Bulukumba.

Tunggu artikel selanjutnya untuk #100FaktaSYL lainnya. (4/10) (MDS01)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.