Foto ; Jemaah Haji Berpakaian Mewah Nan Gemerlap, Ternyata Ini Alasannya

Jemaah haji Kloter 32 asal Kabupaten Takalar berfoto bersama usai penerimaan oleh PPIH Debarkasi Makassar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang, Selasa, (10/9/2019). (Foto : Sule)
Top Ad

INIPASTI.COM, SUDIANG – Pakaian jemaah haji khususnya di Debarkasi Makassar selalu menjadi perhatian tersendiri. Betapa tidak, pakaian yang mereka kenakan begitu mencolok dengan warna-warna yang terang.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, jemaah haji khususnya yang berasal dari Bugis-Makassar, telah mempersiapkan berbulan-bulan sebelum keberangkatannya ke tanah suci. Ada yang membeli langsung, ada pula yang menjahit pakaian sehingga seragam dengan keluarganya.

Harganya pun fantastis. Dari yang harganya ratusan ribu, hingga mencapai 7 juta rupiah. Baca : Harga Fantastis, Pakaian Jemaah Haji Penuh Warna

Baca Juga:  Kloter 10 Embarkasi Makassar Terpilih Menjadi Kloter Terbaik di Arab Saudi

Alasannya ternyata klasik. Hanya karena mengikut tradisi turun temurun dari jemaah haji terdahulu. Seperti pengakuan jemaah haji asal Kabupaten Takalar, Hasaniah (69) saat ditemui di aula Arafah Asrama Haji Sudiang.

“Begitu memang jemaah haji kalau pulang. Ini sudah dari dulu berpakaian seperti ini. Kita cuma melanjutkan dan mengikuti yang dulu-dulu,” ucapnya seusai penerimaan kembali Kloter 32 Debarkasi Makassar, Selasa, (10/9/2019) kemarin.

Hal senada juga disampaikan oleh jemaah haji asal Kabupaten Maros, Darmawati (45). Selain karena mengikuti tradisi, dia juga mengaku berpakaian seperti seperti itu agar terlihat bagus saat disambut oleh keluarga di kampung.

Baca Juga:  Bahagia dan Sedih Dirasakan Jemaah Calon Haji Termuda Jeneponto Ini Jelang Berangkat

“Iya, ini sudah dari dulu begini. Kan bagus juga dilihat kalau kita berpenampilan dan berpakaian cantik,” singkatnya. (Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.