Hari Kedua, Realisasi Vaksinasi di Sulawesi Selatan Hampir Mencapai 50 Persen

Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia makin tak terkendali dengan penambahan kasus dan kematian tertinggi di Asia. Selain tes, pelacakan, dan isolasi kasus, pemberian vaksin kepada masyarakat perlu dipercepat.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sendiri mulai menggelar vaksin massal selama tiga hari yaitu 1-3 Februari 2021, guna mempercepat cakupan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) khususnya Kota Makassar. Vaksinasi ini dilakukan di GOR Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Inline Ad

Laporan sementara hingga Selasa, (02/02/2021) mengenai target dan realisasi vaksinasi massal bagi Nakes di Makassar yaitu di hari pertama yang Hadir 953 orang, yang Mendaftar 868 orang, yang Divaksin 590 orang, dan yang Ditolak/Ditunda 278 orang.

Sementara, di hari ke dua yang Hadir 1.232 orang, yang Mendaftar 1.208 orang, yang Divaksin 846 orang, dan Ditolak/Ditunda 362 orang. Sehingga sejauh ini total keseluruhannya yaitu yang Hadir 2.185 orang, Mendaftar 2.076 orang, Divaksin 1.436 orang dan Ditolak/Ditunda 640 orang.

Realisasi dari vaksinasi ini sendiri dapat dikatakan sudah hampir mencapai 50% dari target yang diharapkan, dimana dalam vaksinasi ini Nakes yang Terdata ada 4.414 orang, Hadir 2.185 orang dan Divaksin 1.436 orang. Persentase cakupan peserta mencapai 49,50% dan Persentase peserta divaksin : 69,17%.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr. Hj. Nurul Amir. R, M.Kes mengatakan sejauh ini tidak ada laporan mengenai efek samping yang berat, yang diterima oleh peserta yang telah divaksin.

Sejauh ini laporan yang kami terima dari setiap daerah yang melakukan vaksinasi itu, belum ada kasus efek samping yang berat

Adapun efek samping yang dirasakan itu terbilang ringan seperti demam, dan itupun tidak berlangsung lama. Kedepannya sendiri kami berharap, agar semuanya dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah, katanya. (Nawang Wulan Meisuki)

Bottom ad

Leave a Reply