Jusuf Kalla Resmi Sandang Gelar Doktor Honoris Causa

Top Ad

INIPASTI.COM, GOWA – Wakil Presiden Republik Indonesia, Mohammad Jusuf Kalla (JK) resmi meraih penanugrahan gelar doktor kehormatan, Doktor Honoris Causa (DHC) dalam bidang Sosiologi Agama.

Penganugerahan gelar tersebut diberikan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar dalam sidang senat terbuka luar biasa yang digelar di Auditorium UIN Alauddin Makassar, Kamis (25/1/2018).

JK mengangkat tema Kajian Perdamaian: Perspektif Agama, Ekonomi, dan Politik.

“Saya senang berbicara tentang perdamaian dengan mengatasi konflik dan kekerasan guna menciptakan perdamaian dan rekonsiliasi,” ungkap JK dalam pidatonya.

Dikatakannya JK, sejumlah pengalaman pribadi yang secara langsung ia lakukan dalam menangani dan mengakhiri konflik yang kemudian ia jadikan sebagai refleksi dalam menciptakan perdamaian.

Baca Juga:  Unismuh Raker di Colonial, Gaji Dosen dan Karyawan Naik 20 Persen

“Berdasarkan pengalaman pribadi secara langsung dalam mengakhiri konflik di Ambon, Poso dan Aceh, saya dapat memberikan refleksi tentang bagaimana menciptakan perdamaian (crafting peace),” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar, Musafir Pababbari mengatajan, pemberian gelar tersebut telah melalui proses dan pengkajian akademik yang cukup dalam.

“Tentu tidak semua telah melalui proses yang begitu lama dalam pengkajian akademik yang begitu dalam. Beliau menjadi aktor dan dalam menciptakan perdamaian di berbagai daerah konflik, semua dilakukan secara cerdas, tepat dan cepat,” tandas Musafir dalam sambutannya.

Baca Juga:  Calon Anggota Legislatif (Caleg) Eks Koruptor Berpotensi Bertambah

Dalam acara penyerahan gelar tersebut, turut hadir Manteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo beserta Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang, serta rektor sejumlah perguruan tinggi di Makassar.

(Ahadri)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.