Serius, Sarung Tangan Tidak akan Melindungi Anda

INIPASTI.COM, Pengalaman kita dengan makanan telah berubah secara dramatis dalam hitungan beberapa minggu (bersama dengan semua hal lain dalam hidup) karena COVID-19. Kita memasak di rumah lebih dari sebelumnya, dan belanja bahan makanan telah menjadi salah satu dari beberapa tugas penting yang kita tinggalkan di rumah. Berbekal daftar belanja panjang dan masker wajah, kita keluar bertanya-tanya apakah ada hal lain yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri.  Satu pertanyaan yang terus muncul adalah – Haruskah Anda mengenakan sarung tangan di toko grosir?Jawaban singkatnya adalah tidak. Anda tidak memerlukan sarung tangan apa pun di toko bahan makanan. Demikian kata Arefa Cassoobhoy, MD, MPH

Sarung tangan tidak akan melindungi Anda. Jika Anda menyentuh permukaan yang terkontaminasi, virus dapat ditransfer ke sarung tangan Anda seperti yang bisa ditransfer ke jari-jari Anda, jadi tidak ada perlindungan tambahan dari sarung tangan. Jika Anda menyentuh mulut atau hidung dengan sarung tangan, Anda dapat menularkan virus ke diri sendiri. Dan melepas sarung tangan setelah berbelanja adalah saat yang sangat rentan, karena Anda dapat dengan mudah memindahkan kuman di sarung tangan ke tangan dan wajah Anda jika Anda tidak berhati-hati.

Baca Juga:  Darurat Nasional Virus Corona, Pemkot Makassar Tingkatkan Kewaspadaan

Kenyataannya adalah Anda jauh lebih mungkin untuk menangkap virus corona dari tetesan pernapasan seseorang yang berbicara atau bersin di dekat Anda daripada dari benda yang Anda sentuh di toko – itulah sebabnya jarak fisik sangat penting. Untuk melindungi diri Anda di toko grosir, pakailah masker wajah kain dan jaga jarak minimum 6 kaki dari yang lain. Rencanakan perjalanan belanjaan Anda sehingga Anda bisa keluar dengan cepat selama waktu tenang untuk meminimalkan kontak dengan orang lain.

Inline Ad

Sarung tangan tidak menggantikan kebersihan tangan. Mengingat bahwa sarung tangan tidak melindungi Anda dari virus, memakai sarung tangan tidak menghemat waktu Anda dari mencuci tangan. Anda masih harus menjaga kebersihan tangan. Itu cara paling penting untuk menghilangkan virus dari tangan Anda.

Untuk melindungi diri Anda sendiri, Anda harus menggunakan pembersih tangan saat Anda masuk dan keluar dari toko kelontong dan membersihkan pegangan keranjang belanja Anda dengan desinfektan. Ketika Anda sampai di rumah, cuci tangan Anda dengan sabun dan air selama 20 detik. Dan bersihkan barang-barang lain yang mungkin kotor, seperti ponsel Anda dan tas belanjaan yang dapat digunakan kembali.

Baca Juga:  Pengaruh China di Asia  Makin Perkasa Termasuk Indonesia
Sarung tangan tidak melindungi orang lain. Saat Anda bergerak di sekitar toko kelontong, sarung tangan bisa menjadi kotor dari apa pun yang Anda sentuh dan mentransfernya ke orang lain – seperti halnya jari-jari Anda.Untuk melindungi orang lain, sentuh sesedikit mungkin saat Anda keluar. Jangan mengambil produk dan kemudian meletakkannya kembali.

Simpan sarung tangan medis. Sarung tangan medis dimaksudkan untuk perlindungan ketika Anda berada dalam situasi berisiko tinggi, seperti jika Anda terpapar cairan tubuh seperti darah, lendir, muntah dan urin. Sarung tangan melindungi pasien, pengasuh, dan pekerja perawatan kesehatan sepanjang hari dari tugas di rumah seperti mencuci cucian orang yang sakit dengan COVID-19, hingga tes dan prosedur di rumah sakit. Untuk belanja bahan makanan, sarung tangan tidak menambah manfaat dan tidak perlu. Karena sarung tangan medis sangat terbatas, seperti halnya masker wajah, gunakan sarung tangan dengan bijak. (webmd.com)

Baca Juga:  Obat Ini Digunakan Mengurangi Risiko Kematian pada Pasien Coronavirus yang Parah
(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.