WR III Unismuh Ingin Wujudkan Demo Tanpa Anarkis

Wakil Rektor III Unismuh Makassar, Drs Muhammad Tahir Msi. (Foto: Nasrullah)
Top Ad

INIPASTI.COM, MAKASSAR – Sudah tiga hari, Drs Muhammad Tahir MSi memegang jabatan sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Berbagai program juga telah disusun Tahir demi kemajuan universitas yang terletak di Jl Sultan Alauddin Makassar itu.

Sebagai pejabat baru, salah satu hal yang ingin dibangun mantan Wakil Dekan III Fisipol Unismuh Makassar itu yakni atmosfer demonstrasi tanpa anarkis.

Kandidat S3 Universitas  Negeri Gorontalo ini, kepada inipasti.com,  di ruang kerjanya,  Kamis (22/12/2016),  mengatakan,  untuk mewujudkan ketertiban dan keamanan di dalam kampus, terkhusus menjaga demonstrasi tak anarkis, kuncinya adalah dengan membangun  komunikasi melalui saluran-saluran informasi yang ada,  yang disesuaikan dengan ketentuan-ketentuan yang sudah berlaku, baik internal maupun eksternal.

Baca juga :Gerakan Salat Berjemaah Unismuh Makassar, Warek Wajib Ikut

Baca Juga:  Lahan 1000 Hektare Jadi Janji Bupati Wajo Bagi Unismuh, Ternyata untuk Ini

Namun, dirinya tak menjamin 100 persen jika demo di kampus tidak ada lagi. Tapi minimal  demo mahasiswa yang dilakukan tidak berujung anarkis. “Kalau ada aspirasi mahasiswa yang ingin disalurkan disampaikan dengan penuh kesantunan, disampaikan dengan etika sesuai dengan adat ketimuran kita, bukan dengan anarkis,” jelasnya.

Ia menambahkan, demo mahasiswa itu dilakukan karena ada aspirasi yang ingin didampaikan. “Ini tidak salah. Rektorat tidak melarang kalau memang ada yang yang dianggap perlu disampaikan. Tetapi aspirasi itu tidak harus dengan jalan intimidasi atau jalan demo apalagi anarkis,” tambahnya.

Ia menyebutkan, kalau ada regulasi atau kebjakan yang dianggap tidak berpihak kepada kepentingan  akademik mau dikritisi bisa disampaikan  dengan cara-cara yang santun. “Ini bisa dibangun  dengan pendekatan komunikasi yang baik dan terus menerus,” harapnya.

Baca Juga:  Dua Mahasiswa FKIP Unismuh Juara 3 di Ajang NUDC 2018

 

Masih terkait dengan keamanan kampus, Muhammad Tahir juga akan membangun koordinasi dengan  IKA Pusat, dan IKA Komisariat masing-masing fakultas. Karena IKA ini dianggap juga bisa membantu mengatasi terciptanya kampus yang aman. Selain itu tetap melakukan koordinasi pihak-pihak keamanan (polisi dan TNI).

Dalam beberapa hari ke depan, Tahir akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh wakil rektor, wakil-wakil dekan III se-Unismuh Makassar untuk menyamakan persepsi yang sama di dalam mewujudkan  kampus yang lebih aman. Tahir juga akan melakukan rapat koordinasi secara rutin dengan seluruh pengurus organisasi yang ada di kampus, termasuk BEM, HMJ dan UKM-UKM.(*)

Baca juga :Rektor Unismuh Makassar Tak Sendiri Lagi

Baca Juga:  Unismuh dan 2 PT Sulsel Hadiri MoU LPTK Penyelenggara PPG Prajabatan 2019

//