AFC U-16 2018, Iran Tersingkir, Garuda Muda Ukir Sejarah

Hasil dan klasemen grup A, B, C, dan D Piala AFC U-16 Championship Malaysia, Kamis, 27 September 2018. (Foto :Int)

INIPASTI.COM, KUALA LUMPUR – Tim Garuda Muda berhasil mencatatkan sejarah baru. Selain lolos ke babak perempat final AFC U-16 Championship 2018 yang diselenggarakan di Malaysia, Indonesia juga berhasil menyingkirkan Iran.

Lolos ke perempat final merupakan prestasi terbaik Indonesia selama 28 tahun. Tepatnya sejak tahun 1990. Di luar dari capaian tersebut, Indonesia yang berhasil menyingkirkan tim kuat sekelas Timnas Iran.

Sebagaimana diketahui, Iran merupakan tim yang telah beberapa kali lolos ke fase knock-out. Bahkan Iran adalah finalis piala AFC 2016 lalu. Namun, kini Iran tersingkir karena pada laga pertama, Iran dikalahkan oleh Indonesia dengan skor 2-0.

Pada laga kedua, Iran bermain imbang tanpa gol kontra India. Sedangkan pada laga pamungkas Kamis 27 September kemarin, Iran membungkam Vietnam dengan skor telak, 5-0.

Kemenangan Iran atas Vietnam Tidak Berarti

Akan tetapi, kemenangan besar Iran atas Vietnam itu tidak berarti. Iran tetap tersingkir karena pada laga Grup C AFC U-16 lainnya, Indonesia vs India, berakhir dengan skor seri, 0-0. Iran hanya berada di posisi ketiga Grup C dengan 4 poin dari 1 kemenangan, 1 seri, dan satu kali kekalahan.

Baca Juga:  Uji Coba Lawan Persiba, PSM Makassar akan Turunkan Senjata Intinya

Indonesia dan India berhasil lolos dengan poin yang sama. Dari 3 kali pertandingan kedua tim mengumpulkan 5 poin, 1 kali kemenangan dan 2 kali hasil imbang. Indonesia menduduki juara grup karena unggul selisih gol dari India.

Pada laga perempat final nanti, Indonesia masih menunggu hasil laga pamungkas dari grup D yang akan berlangsung di Stadion Bukit Jalil Malaysia hari ini, Jum’at, (28/9/2018).

Sebagai Juara Grup di AFC U-16

Sebagai juara grup, Indonesia akan menghadapi Runner-up grup D. Saat ini, Grup D dipuncaki oleh Korea Selatan dengan 6 poin. Korea Selatan pun dipastikan lolos ke babak berikutnya. Bahkan posisi puncak grup D pun 90 persen sudah di tangan Korea Selatan.

Baca Juga:  Sempat Unggul, Indonesia Tak Berkutik di Babak Kedua, Asa Melaju ke Piala Dunia 2019 Pupus

Dua tim lainnya di grup D yang masih harus mengadu nasib di laga akhir penyisihan grup ini adalah Australia dan Irak. Irak yang kini mengoleksi 3 poin, akan menghadapi Korea Selatan. Sedangkan Australia yang juga mempunyai 3 poin akan menghadapi juru kunci grup D, Afghanistan.

Baik Irak maupun Australia, jika ingin mengkudeta Korea Selatan, keduanya harus menang dengan selisih 8 gol. Karena saat ini Korea Selatan mengoleksi 10 gol.

Dengan kata lain, calon lawan dari Indonesia pada partai 8 besar adalah Irak dan Australia. Jika Indonesia menang pada laga perempat final, Indonesia akan melaju ke Piala Dunia U-17 tahun berikutnya. (Sule)

Baca Juga:  Perseru Serui VS PSM Makassar: Misi Utama Juku Eja Curi Poin Kandang Lawan

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.