Trump: Hanya Kecurangan Bisa Membuatnya Kalah di Pennsylvania

Gaya pidato Trump dalam berkampanye. (Foto: BBC)

INIPASTI.COM, TRUMP semakin menggencarkan tudingannya bahwa pemilihan presiden akan diatur agar menguntungkan Hillary Clinton, dengan mengklaim bahwa satu-satunya cara yang bisa membuat dirinya kalah adalah “jika kecurangan terus berlanjut”.

Kalau selama ini dia secara teratur mengutip hasil jajak pendapat saat dirinya unggul dalam pemilihan pendahuluan partai Republik, maka hasil buruk dalam jajak pendapat nasional yang diraihnya akhir-akhir ini membuat Trump berbalik meragukan Integritas proses pemilihan presiden, meski pemungutan suara itu sendiri bahkan belum dilaksanakan.

Pada saat berbicara di hadapan massa di Altoona, Pennsylvania, pada Jumat malam lalu, taipan kondang itu mengatakan: “Kita akan awasi Pennsylvania. Turun ke tempat-tempat tertentu dan amati dan pelajari dan pastikan bahwa orang tidak datang memberikan suaranya lima kali. Satu-satunya cara kita bisa kalah, menurut pendapat saya–dan saya benar-benar serius mengatakannya, Pennsylvania–adalah jika kecurangan terus berlanjut. Saya benar-benar yakin akan hal itu.”

Baca Juga:  Adu Hebat-hebatan, Amerika Ketularan Indonesia?

Trump lebih lanjut mengatakan: “Saya amati dengan teliti Pennsylvanisa dan mengkajinya. Dan kita punya sejumlah orang hebat di sini. Sejumlah pemimpin hebat Partai Republik di sini, dan mereka sangat khawatir akan hal itu, karena begitulah caranya kita bisa kalah di negara bagian ini, dan kita harus menyerukan kepada aparat hukum, dan kita harus meminta sherif dan kepala kepolisian dan semua orang untuk mengawasinya.”

Baca Juga:  Menakutkan, Pidato Trump di Konvensi Partai Republik

“Karena jika kita dicurangi dalam pemilihan ini, jika kita dicurangi dari kemenangan kita di Pennsylvania, yang merupakan negara bagian yang sangat penting, terutama ketika saya tahu apa yang sedang terjadi di sini, kawan. Saya tahu. Dia tidak dapat mengalahkan apa yang sedang terjadi di sini.”

Pada 2014, seorang hakin di Pennsylvania Mengeluarkan peraturan yang mewajibkan orang memperlihatkan foto identitas diri resmi dari pemerintah agar bisa memberikan suara. Calon presiden partai Republik terakhir yang memenangi pemilihan di Pennsylvania adalah George H W Bush pada 1988. Namun, Trump berharap dapat mengalahkan Clinton karena besarnya jumlah kalangan profesional kerah biru di sana.
(bersambung ke 2)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.