65 Persen JCH Kloter 11 Potensi Terserang Penyakit

Wakil Ketua Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar, dr H Irwan MKes. (Foto: Zulaeman)

INIPASTI.COM, MAROS – Bidang Kesehatan Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar menyatakan seluruh Jemaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 11 layak diberangkatkan. Namun terdapat 65 persen JCH yang rentan terserang penyakit.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar, dr H Irwan MKes. Menurutnya, kerentanan itu disebabkan persoalan yang memang sudah umum dialami oleh JCH yakni kolesterol atau darah tinggi.

Baca Juga:  Adnan akan 'Sulap' Rumah Sakit Syekh Yusuf
Inline Ad

“Ya sama dengan sebelum-sebelumnya, darah tinggi dan kolesterol,” jelas Irwan.

Irwan menambahkan, jika JCH kelelahan dan kondisi kesehatannya menurun, maka akan rentan muncul penyakit. Itu disebabkan oleh berbagai aspek, mulai dari pengaruh usia, pola hidup dan utamanya pola makan. Selain itu cuaca juga memberi pengaruh terhadap kesehatan JCH.

Baca Juga:  Senin Sore Kloter 9 Menuju Mekkah

Oleh karenanya, Irwan mengimbau kepada seluruh JCH terutama jika sudah berada di Arab Saudi -yang dikabarkan cuacanya sangat panas, agar mereka senantiasa menjaga kesehatan. Ia menyarankan agar JCH makan teratur, istirahat yang cukup dan harus banyak minum air.

“Cuaca di sana (Arab Saudi) kan panas sekali. Jadi jamaah harus minum air selalu, dan selalu menggunakan alas kaki supaya kakinya tidak melepuh,” tambahnya.

Baca Juga:  HKN ke-55, Pj Wali Kota Makassar Ajak Warga Galakkan Germas

Irwan pun menyarankan, ketika JCH sudah tidak melakukan kegiatan ibadah lagi agar lebih baik istirahat saja. Bukan malah keliling belanja yang pada akhirnya membuat JCH itu kelelahan.

(Visited 1 times, 1 visits today)
Bottom ad

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.