Avengers Endgame, Kematian Thanos Ciptakan Timeline Baru yang Rumit?

Thanos dengan Infinity Gauntlet dan beberapa superhero di Avengers Endgame (Foto : screenrant.com)
Top Ad

INIPASTI.COM, MARVEL – Konsep time travel dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) begitu rumit. Hal itu dijelaskan berulang kali dalam film Avengers Endgame, di antaranya oleh The Ancient One dan Profesor Hulk. Tak hanya tentang konsep, namun juga konsekuensi yang tercipta dari time travel itu, yakni terciptanya timeline baru.

Hingga saat berita ini diturunkan, Avengers Endgame masih tayang di bioskop. Olehnya jika masih ada yang baru berencana menonton, disarankan untuk berhenti membaca. Karena tulisan ini mengandung spoiler.

Dari begitu banyak timeline alternatif yang tercipta di Avengers Endgame, baik yabg telah diulas di laman ini maupun yang belum, ada satu kejadian besar yang menciptakan timeline baru yang begitu rumit. Kejadian itu adalah kekalahan Thanos versi 2014.

Thanos dan pasukannya yang datang dari masa lalu -tahun 2014- menjadi debu karena jentikan jari Tony Stark. Lenyapnya Thanos 2014 tentu menciptakan timeline baru di semesta Marvel.

Baca Juga : Ending Avengers Endgame (V) : Gamora Hilang, Apakah Jadi Debu?

Baca Juga:  Avengers Endgame, Kabur dengan Tesseract, Loki Hidup Tapi di Timeline Baru?

Berkat Nebula, Thanos mengetahui rencana Avengers. Berkat Nebula pula, Thanos bisa ke masa depan -tahun 2023- lewat mesin yang diciptakan oleh Tony Stark.

Artinya, jika Thanos meninggalkan tahun 2014 menuju 2023, maka tak ada lagi Thanos pada tahun 2015 – 2018 (Avengers Infinity War) pada timeline utama MCU. Dengan begitu, bisa dipastikan timeline baru berjalan beriringan dengan timeline utama sejak tahun 2014 itu.

Bila demikian, berarti peristiwa-peristiwa besar yang diakibatkan oleh Thanos pada tahun-tahun itu, tidak terjadi di timeline baru ini. Beberapa di antaranya adalah tim The Guardians of The Galaxy tidak pernah terbentuk, Heimdall masih hidup dan Asgardians tidak hancur, Loki tidak terbunuh di Avengers Infinity War, Gamora tidak dikorbankan untuk mengambil Soul Stone, serta Vision yang tidak mengorbankan diri pada akhir-akhir Perang Infinity di Wakanda dan lain sebagainya.

Khusus Loki, sebagaimana telah diulas pada artikel sebelumnya, saudara Thor ini juga bebas di tahun 2012 karena time travel di Avengers Endgame. Dengan demikian, ada dua timeline di mana Loki masih hidup.

Baca Juga:  Jamu Artis Silariang CYTD, Ini Harapan Istri Cakka Soal Promosi Budaya dan Kearifan Lokal

Baca : Avengers Endgame : Kabur dengan Tesseract, Loki Hidup tapi di Timeline Baru

Sedangkan untuk Vision, bisa jadi timeline alternatif ini menjadi jalan bagi Marvel dan Disney plus untuk serial tv WandaVision. Sebagaimana diketahui, serial tv tersebut sudah digarap dan masih masih diperankan oleh Paul Bettany sebagai Vision dan Elizabeth Olson sebagai Wanda / Scarlet Witch.

Tentu masih banyak lagi peristiwa besar yang terjadi di timeline utama MCU yang tidak terjadi di timeline yang baru tercipta ini. Karena penyebab utamanya yaitu Thanos versi 2014 telah menjadi debu.

Masih banyak lagi timeline yang tercipta karena time travel di Avengers Endgame. Di antaranya, Thor dan Rocket pada 2013 yang bertemu ibu Thor dan mengambil Mjolnir, Nebula, War Machine, Hawkeye, dan Black Widow pada 2014; Iron Man dan Captain America pada 1970; dan Steve ketika dia kembali untuk tinggal bersama Peggy.

Baca Juga:  Menumbuhkan Kecintaan Masyarakat Terhadap Karya Konten Lokal

Baca Juga : Awal Marvel Cinematic Universe Fase 4

(Sule)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.